Indonesia Menyampaikan Submisi Mengenai Review ke-5 Mekanisme Pendanaan UNFCCC

Pada tanggal 8 Maret 2013, Indonesia menyampaikan submisi kepada Sekretariat UNFCCC berisi pandangannya tentang unsur-unsur yang perlu dipertimbangkan oleh Standing Committee on Finance (SCF) dalam memperbaharui petunjuk (guidelines) untuk review ke-5 mekanisme pendanaan UNFCCC. Indonesia menekankan bahwa review perlu mempertimbangkan berbagai perkembangan terakhir terkait pendanaan perubahan iklim di dalam UNFCCC dan di luar UNFCCC yang mempengaruhi mekanisme pendanaan UNFCCC, termasuk pembentukan lembaga-lembaga baru  seperti Green Climate Fund dan SCF, dan kenyataan dimana sumber dana makin menurun.

Submisi tersebut disampaikan untuk memenuhi undangan kepada semua negara Pihak UNFCCC, sesuai keputusan COP18 di Doha, Qatar akhir tahun 2012. Keputusan FCCC/SBI/2012/L.45, paragraf 4 menetapkan bahwa review mekanisme pendanaan yang ke-5 dimulai dan akan dilaporkan hasilnya kepada COP20—akhir tahun 2014. Juga diputuskan bahwa SCF akan mengkoordinasi review tersebut. Sebelum melakukan review, SCF diminta untuk memperbaharui dua petunjuk review yang ada, yaitu yang disepakati pada COP4 dan COP 13. Petunjuk tersebut berisi tujuan dan ruang lingkup, metodologi, dan kriteria. Untuk membantu SCF memperbaharui petunjuk tersebut, negara Pihak diminta untuk menyampaikan pandangannya.

Keputusan sebelumnya terkait dengan review mekanisme finansial: COP4, COP13, COP 18.

Keputusan COP 4 dan COP 13 berisi petunjukpelaksanaan review. Struktur petunjuk tersebutterdiri dari: tujuan/ruang lingkup (objective/Scope), metodologi (Methodology)dan kriteria. Dalam submisinya, Indonesia mengusulkan penambahan satu aspek dalam petunjuk review, yaitu proses,dengan memperjelas peran SCF.

Berdasarkan Pasal 11, Ayat 4 Konvensi, negara Pihak UNFCCC melakukan review terhadap mekanisme finansial UNFCCC setiap empat tahun sekali. Yang dimaksud mekanisme finansial adalah dana-dana (funds) dan entitas UNFCCC yang berkaitan dengan pendanaan perubahan iklim.

Submisi dari Indonesia telah dikompilasi bersama submisi dari negara lain dan dapat diakses melalui tautan berikut:  http://unfccc.int/resource/docs/2013/cop19/eng/misc01.pdf

Kontak Informasi

  • Alamat:
  • Gedung 1 BPPT, Lantai 15-16
  • Jalan MH. Thamrin No 8
  • Jakarta 10340
  • Indonesia
  • Tel:  +(62)-21-3511400
  • Fax: +(62)-21-3511403
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Website: http://www.dnpi.go.id